Linda Ikeji, Bukti SEO Bukan Segalanya

Nama Linda Ikeji mungin sudah biasa bagi sebagian besar blogger, tapi mungkin beberapa masih bertanya, "Siapa sih Linda Ikeji?"

Linda Ikeji adalah seorang blogger wanita asal Nigeria. Dia dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Orang Terkaya di Nigeria pada tahun 2013. Bukti kekayaannya adalah rumah, mobil-mobil mewah dan penghasilan per bulannya.


Dari blog utamanya saja lindaikeji.blogspot.com, Linda mendapatkan sekitar 300 juta dalam sebulan. Dia tidak menggantungkan "hidup" blognya hanya dari Google Adsense seperti sebagian blogger Indonesia, tapi dia menyediakan spot iklan secara mandiri dengan cara mencantumkan email dan nomor teleponnya di sidebar blog.

Mengenai blognya, Linda tidak melakukan teknik-teknik SEO apapun. Bahkan tidak mencantumkan kode meta description, teknik SEO paling sederhana yang biasa dilakukan para blogger. Template yang digunakan pun masih template standar dari blogger tanpa utak-atik kode yang berarti.

Backlink? Sulit menemukan backlink dari situs .GOV dan .EDU yang biasanya paling diincar para blogger menuju ke blognya. Backlink yang menuju blog Linda berasal dari penggemar dan pembaca blognya yang diberikan secara alami.

Secara statistik, blog Linda menempati posisi 2000an secara internasional dan peringkat 13 di negaranya, Nigeria. Sebuah blogspot sederhana bisa melakukannya? Tentu bisa!

Lalu, apa rahasianya?

1. Konsisten

Apa yang terjadi pada Linda tidak membutuhkan waktu sebulan atau setahun, tapi bertahun-tahun. Selama kurang lebih dua tahun, dia menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, di depan laptopnya. Mencari berita-berita yang lagi trend dan hot, lalu menulis ulang dengan bahasa yang mudah dimengerti, to the point dan disisipi humor dan kritik.

Pada tahun ketiga, Linda merekrut 1 orang untuk membantunya. Lalu, saat ini dia mempekerjakan 2 orang untuk menggantikan tugasnya.

2. Mau Belajar

Dari apa yang saya dapat di internet, Linda Ikeji adalah mantan model di negaranya. Dari model menjadi seorang penulis (blogger) bukanlah membalik telapak tangan, walau yang ditulis adalah hal-hal yang disukai.

Pasti perlu waktu untuk mengasah kemampuan dalam menulis, apalagi tulisan yang mau dibaca oleh orang lain.

3. Ikuti Passion

Linda menulis sesuai dengan apa yang dia sukai, karena itulah tidak mungkin menemukan tulisan tentang SEO, website atau bisnis online di blog miliknya. Kenapa? Karena itu bukan passion-nya, jika suka dengan gossip, tulislah tentang gossip. Jika suka dengan musik, tulislah tentang musik.

Dengan demikian, saat update blog, rasanya akan lebih menyenangkan dari pada memberatkan.

Tag : Inspiratif, SEO
0 Komentar untuk "Linda Ikeji, Bukti SEO Bukan Segalanya"